poto

0



71 tahun sudah negara kita merdeka dari tangan penjajahan. Berkat perjuangan para pahlawan, kini kita bisa hidup dalam kemerdekaan.

Untuk mengenang hasil dari perjuangan para pahlawan, masyarakat Indonesia bersama-sama merayakan hari kemerdekaan. Begitu juga dangan pelajar Indonesia yang sedang menuntut Ilmu di Hadhramaut, Yaman.

Meskipun jarak mereka jauh dengan Indonesia, tetapi jiwa nasionalisme mereka tidak pudar sedikitpun. Hal ini bisa dilihat dari kegiatan mereka yang tidak pernah tertinggal dalam merayakan hari-hari besar Indonesia, seperti 17 Agustus saat ini.

Dengan mengangkat tema “Menjunjung Tinggi Solidaritas Dan Memperkuat Persatuan Dalam Mengisi Kemerdekaan NKRI” PPI Hadhramaut berhasil memeriahkan HUT RI ke-71 tahun ini.
Untuk Grand Opening Dirgahayu HUT RI ke-71 Kali ini, panitia pelaksana mengadakannya di lapangan bola Universitas Al-Ahgaff Tarim, Hadhramaut, Yaman.

Acara yang saban tahun dilaksankan oleh PPI Hadhramaut ini, dihadiri oleh pelajar Indonesia dari berbagai lembaga pendidikan di Hadhramaut, Yaman. Karena tempat acaranya dekat dengan asrama mahasiswa Al-Ahgaff, mahasiswa asing pun ikut dalam kemeriahan HUT RI disini.

Acara dimulai pukul 20:00 KSA. Sebelum panggung pentas dikuasai oleh MC, grup Hadhroh Al-Ahgaff terlebih dahulu tampil memeriahkan acara dengan qasidah-qasidah yang menyejukkan hati. Setelah itu tertip acara dipegang penuh oleh dua MC yang kocak, Tommy dan Nailufan.

Untuk memberkati Grand Opening HUT RI malam ini, MC mempersilahkan Sdr. Imam Rahmatullah (Qari Andalan mahasiswa Indonesia di Al-Ahgaff) untuk melantunkan ayat suci Al-Qur'an. Kemudian dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dari panitia pelaksana HUT RI ke-71, Tetra Vebri Rakhman (Tetra ElRohmen). Kemudian dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dari ketua PPI Hadhramaut, Jihadul Muluk (Jihad El-Mulk Ibrohim), kemudian wakil Sekjen PPI Yaman, Habib Faiq Al-Haddad dan juga kata-kata sambutan oleh perwakilan dari setiap lembaga yang hadir.

Grand Opening HUT RI di Hadhramaut juga dimeriahkan dengan penampilan tari tradisional kebanggaan Indonesia, tari saman, penampila silat.

Setelah penampilan tari saman dan silat, barulah Grand Opening Dirgahayu HUT RI ke-71 dimulai. Saat pasukan Grand Opening membawa Sang Saka merah putih, suasana menjadi hening seketika. Kemudian lapangan kembali ramai dengan gemaan lagu Tujuh Belas Agustus yang dinyanyikan oleh Pelajar Indonesia bersama-sama. Letusan kembang api yang mewarnai langit ikut mengiringi lagu 17 Agustus yang bergema lantang di Kota Sejuta wali ini, Tarim.

Grand Opening HUT RI disini juga dimeriahkan dengan Bazar masakan Nusantara. Para pelajar yang rindu akan masakan Indonesia, memenuhi lapak dagang di bazar murah meriah ini.
Setelah grand opening selesai, MC pamit diri dan menyerahkan acara kepada ketua lomba kerakyatan HUT RI, Fuad Fathurrahman untuk memulai perlombaan. Adapun lomba kerakyatan yang dilaksabakan malam ini adalah lomba bakiak, ular-ularan dan joget kursi.

Melihat peserta yang begitu gesit, bersemangat dan terkadang-kadang jatuh, para penonton yang hadir tidak bisa menahan ketawanya. Sembil bersorak riang, penonton menyemangati peserta lomba yang mewakili daerah mereka masing-masing. Sungguh malam kemerdekaan yang indah.

Acara selesai sekitar Jam 00:00 KSA. Dan lomba kerakyatan dan acara lainnya akan terus berlangsung hingga tanggal 30 Agustus nanti.

Acara seperti ini sengaja dilaksankan setiap tahun oleh PPI Hadhramaut untuk membangkitkan jiwa nasionalisme pelajar Indonesia, sebagaimana yang dikatakan oleh katua PPI Hadhramaut, Jihadul Muluk dalam kata-kata sambutannya.
_______
Reporter : Ezi Azwar Anzaruddin, Mahasiswa Univ. Al-Ahgaff asal Aceh.


Posting Komentar Blogger

 
Top