poto

1
Yaman – Meskipun berada jauh dari pangkuan Bumi Pertiwi, namun rasa nasionalisme mengobarkan semangat Pelajar Indonesia di Yaman untuk mengadakan acara HUT RI yang 71. Terhitung dari tanggal 17 hingga 29 Agustus, Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Hadhramaut, Yaman menggelar serangkaian lomba memeriahkan Hari Kemerdekaan tersebut.

Kemeriahan Gebyar Merdeka dengan tema: “Menjunjung Tinggi Solidaritas dan Mempererat Persatuan dalam Mengisi Kemerdekaan NKRI” itu berpuncak pada selasa malam (30/08) bertempat di Auditorium Universitas Al-Ahgaff, Kota Tarim. Serangkaian acara ini turut dihadiri oleh pelajar Indonesia yang berdomisili di kota Tarim.

Pukul 21:30 KSA. upacara peringatan Hari Ulang Tahun Indonesia dimulai dengan dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara, Ketua PPI Hadhramaut, Jihadul Mulk Khalwat (Jihad El-Mulk Ibrohim). Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu Taufan Azhari (Azhari Mujahid). Komandan bersama Perwira upacara memasuki ruangan upacara yang telah dipenuhi oleh peserta upacara.

Acara berlanjut dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih disertai dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan. Puncak kedecak-kaguman semakin berkobar ketika seluruh para peserta upacara juga ikutserta menyanyikan lagu-lagu tersebut. Paduan suara yang kompak menyeruak seisi ruangan tersebut. Penghayatan isi yang dikandung lagu-lagu itu menorehkan rasa nasionalisme yang harus dijunjung tinggi. Dimanapun berada, menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan merupakan prioritas utama setiap anak negeri.

Dalam sambutannya, Jihadul Mulk menekankan pentingnya menanamkan rasa nasionalisme dalam jiwa setiap pelajar Indonesia di Hadhramaut, salah satu caranya yaitu dengan mengingat kembali jasa-jasa pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Ratusan bahkan ribuan para pahlawan telah gugur dalam mempertahankan identitas NKRI dari tangan penjajah. Kalau tidak ada mereka, mungkin kita tidak akan pernah tahu tentang Yaman ini. Dengan berkat jasa-jasa merekalah hingga saat ini kita masih bisa menimba ilmu di Bumi Balqis ini. Oleh karena itu, kita harus selalu mengingat jasa-jasa mereka,” ujar Mahasiswa asal Lombok, NTB itu.

Akhir acara, upacara ditutup dengan berdo’a bersama kepada para pahlawan. Juga berdo’a kepada bangsa Indonesia semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan ‘inayah-Nya kepada seluruh rakyat NKRI.

Setiap tahun, Pelajar-pelajar Indonesia di Yaman selalu ikut aktif mengadakan acara-acara yang membangkitkan semangat nasionalisme. Untuk tahun ini, selain pengibaran Sang Saka merah putih, HUT NKRI yang ke 71 di Negeri Balqis ini juga dimeriahkan dengan perlombaan cerdas cermat, drama Ketokohan, perlombaan-perlombaan kerakyatan seperti balap sarung, bakiak, balap karung, lompat tali, sedot air, pasang baju, bawa kelereng, joget kursi, , memasak, hingga perlombaan sepak bola.

Pengumuman perlombaan tersebut juga berlangsung pada malam itu juga dengan Juara Umumnya diraih oleh PPJJ Jawa Tengah. Standing applause untuk teman-teman PPJJ.
 _______
Reporter : M. Aidil Adhaa, Mahasiswa Universitas Al-Ahgaff asal Aceh.

Posting Komentar Blogger

 
Top