poto

8
Sumber: https://rumahmoe.files.wordpress.com/2015/10/rumahmoe_wanita_tarim.jpg?w=736

Oleh: Aidil Ridhwan*

Agama Islam merupakan agama rahmat bagi kaum perempuan. Bahkan dalam Al Quran, salah satu surah Al Quran dinamakan dengan surah An-Nisak (kaum perempuan). Bicara tentang perempuan tentu berbeda antara satu negara dengan lainnya. Saya ingin berbagi pengalaman tentang perempuan di provinsi Hadhramaut, Republik Yaman. Di bumi para Auliya ini, masyarakatnya sangat menjunjung tinggi martabat dan hak-hak kaum Hawa. Hal itu terlihat jelas dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Sebut saja di kota Tarim, aktivitas sehari-hari perempuan setempat berkutat dengan mengabdi kepada Allah dan Rasulnya, belajar-mengajar, berkhidmat, serta menunaikan hak-hak mereka sebagai ibu bagi anak-anak dan istri bagi suaminya.

Dalam hal pakaian keseharian, mereka mengenakan baju serbahitam (dikenal dengan sebutan baju baluthu) yang menutupi seluruh tubuh serta bercadar. Yang terlihat hanyalah mata dan dua telapak tangan. Meski demikian tertutup, mereka tidak akan ke luar rumah kecuali bersama mahram atau bersama dua/tiga perempuan yang lainnya.

Di bidang pendidikan, aktivitas persekolahan di kota "Al Quran" ini tidak bercampur antara pria dengan perempuan. Seperti halnya gedung SD, SMP, dan SMA kaum lelaki berada di arah selatan, sedangkan kaum perempuannya di arah utara kampus Universitas Al-Ahgaff, tempat saat ini saya menuntut ilmu.

Berangkat sekolah pagi hari, mereka lebih memilih jalan yang tak dilalui pelajar lelaki. Bahkan mereka rela menunggu membiarkan kaum lelaki lewat lebih dulu. Fakta tersebut setiap hari saya saksikan ketika masih tinggal di luar Kampus Universitas Al-Ahgaff.

Begitu juga di pasar. Aktivitas jual beli didominasi oleh kaum lelaki. Saya tak pernah melihat seorang perempuan pun yang menjadi penjual barang dagangan di sini. Bahkan yang lebih uniknya, masyarakat Tarim mengkhususkan pasar bagi kaum perempuan, agar lebih leluasa bagi mereka ketika berbelanja kebutuhan khas perempuan.

Pasar khusus perempuan yang saya maksud itu berada di arah utara pemakaman Zanbal (pemakaman khusus bagi Saadah ‘Alawiyyin dan tempat dikuburkannya ribuan aulia Allah). Untuk keperluan memasak sehari-hari di rumah, perempuan Tarim tidak perlu repot ke pasar membeli kebutuhan dimaksud. Semua kebutuhannya menjadi tanggung jawab suami/anak yang laki-laki. Bahkan secara umum, segala aktivitas di luar rumah menjadi tanggung jawab kaum lelaki, sedangkan mereka bertindak sebagai “menteri” di dalam rumah.

Namun, hal itu bukan menjadi penghalang bagi mereka untuk beraktivitas di luar rumah, dinamika sosial sesama kaum perempuan menjadi lebih erat dengan adanya aktivitas keagaman bersama seperti pembacaan selawat Burdah, hadhrah Basaudan, jalsah pada hari Senin, zikir jamaah, serta pengajian mingguan yang berlangsung di rumah perkumpulan khusus perempuan.

Memang nyata, warga Tarim sangat menjunjung tinggi martabat kaum perempuan. Hal itu juga terlihat dari adab dan etika berinteraksi dengan mereka, baik di rumah maupun di jalanan.  Di jalanan, merupakan aib (celaan) bagi kaum lelaki jika berjalan di belakang perempuan. Hal itu bertujuan agar terhindar dari pandangan mengandung syahwat atau hal-hal negatif lainnya. Konon lagi sampai nekat melakukan tindakan pelecehan terhadap kaum hawa tersebut.

Anda boleh saja heran dengan sikap warga setempat terhadap kaum perempuannya. Namun, bagi perempuan Tarim, ini merupakan adat dan tradisi yang sangat memberikan nilai positif dalam kehidupan mereka. Hal yang sama juga diungkapkan Perwakilan Forum Kaum Perempuan Tarim melalui telepon selulernya ketika diwawancarai Radio pesantren Darul Musthafa beberapa waktu lalu.

Karena kuatnya mereka dalam menjalankan ajaran Islam, meskipun hidup dalam kesederhanaan, namun kehidupan mereka jauh lebih tenang daripada “perempuan-perempuan dunia bebas” umumnya. Oleh karenanya, hampir tiga tahun berada di kota tua ini, saya tak pernah mendengar kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), perampokan, penindasan, apalagi pelecehan seksual terhadap kaum perempuan. Baik di sekolah, pasar-pasar maupun di jalanan. Begitulah hasilnya ketika syariat Islam benar-benar diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Yach, begitulah sekelumit tentang perempuan di Buni Auliya ini, semoga memjadi teladan bagi semua perempuan di dunia. Mari hormati perempuan. Selamat hari perempuan se-dunia, 08 Maret 2017!

*Mahasiswa di Univ. Al Ahgaff, Tarim, Hadhramaut, Yaman.

Posting Komentar Blogger

  1. BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

    Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

    BalasHapus
  2. Di dalam Islam Allah mengajarkan kepada kita bagaimana memberi yang terbaik terutama ketika tetangga Anda dalam kebutuhan keuangan, karena kami dan seluruh staf RAMADHAN ISLAMIYAT LOAN FIRM sampai pada kesimpulan bahwa kami harus menyediakan bantuan keuangan bagi mereka yang berada di keuangan kebutuhan seperti mereka yang membutuhkan dana untuk ekspansi bisnis mereka yang membutuhkan uang untuk proyek yang sangat tinggi didirikan dan kami memberikan pinjaman kepada semua saudara muslim dan saudari kita dan juga untuk non muslim seperti Mashallah {ما شاء الله}

    Mata uang kami berkisar dari {$, IDR, RM, €, £} ke mata uang lainnya dan semuanya sesuai dengan peraturan Dana Moneter Internasional {IMF} untuk transfer uang sehingga cukup untuk mengatakan bahwa kami sepenuhnya berlisensi untuk mengoperasikan dan bertransaksi bisnis dalam mata uang apa pun di dunia, silakan hubungi kami {ramadhanislamiyatloans@gmail.com}
       Apakah Anda berutang harap menghentikan kepanikan proses kami di sini sangat cepat dan cepat karena Anda dapat membayar semua hutang terutang Anda dalam waktu 48 jam setelah melamar
    RAMADHAN adalah semua tentang kekudusan sehingga kita tidak menipu atau menipu semua yang perlu Anda lakukan hanya bagi Anda untuk memiliki penghasilan stabil juga harus ada sarana di mana Anda dapat mengidentifikasi diri Anda {KTP} dan kemudian Anda harus memiliki Bank akun di mana Anda ingin kami menyimpan email uang ::::: {ramadhanislamiyatloans@gmail.com}

        Proses di sini tidak rumit, melainkan sangat cepat dan fleksibel

    Wa 'alaykum al-salaam {وعليكم السلام}

    BalasHapus
  3. Assalamu`alaikum

    ANNISA AHMAD LOAN COMPANY


    Halo, saya. Annisa Ahmad, kredit pribadi bagi kreditor untuk meminjamkan uang
    Saat yang tepat Anda membutuhkan pinjaman untuk uang Anda atau
    pinjaman Anda ingin Mengisi bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank
    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Awal
    lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki pinjaman atau hipotek?
    Mencari lebih banyak, karena ini adalah tempat Kami melakukan segalanya untuk menjaga masalah keuangan kami tetap rendah
    ke masa lalu Kami meminjamkan uang kepada orang yang membutuhkan Keuangan,
    kredit macet atau uang untuk uang
    Bisnis di level 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda
    Kami memberikan bantuan dan penerimaan yang dapat diandalkan, dan siap menawarkan pinjaman.
    Tidak ada jumlah yang Anda butuhkan, kami hadir untuk menawarkan Anda membuat Anda datang, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda bagaimana sevice dijamin 100%, kami akan dengan jumlah yang Anda dapatkan dari negara manapun dengan EUR / USD 1M jadi com dan mendapatkan pinjaman Anda di sini dengan 2 Tuhan memberkati Anda semua saat Anda datang dan mendapatkan milik Anda.

    Jadi hubungi kami hari ini melalui email:
    (annisaahmadlaoncompany@gmail.com)
    También puede contactarnos por Pin BBM:
    (DB5121C1)
    Anda dapat menghubungi kami di FACE BOOK:
    (Annisa Ahmad)
    Apa yang salah:
    (+393511318582)

    BalasHapus
  4. SELAMAT SIANG,

    Penawaran pinjaman yang dapat dipercaya berlaku sekarang dan dapatkan pinjaman !!! Ini adalah kesempatan
    bagi mereka yang dalam masalah keuangan dan mereka yang menginginkan gejolak keuangan di
    Hidup mereka, kami memberi kredit dengan suku bunga 2% sangat wajar, kami berikan
    semua jenis pinjaman untuk membantu bangsa mengalami tekanan keuangan. Banyak yang
    menderita dan membutuhkan bantuan untuk memperbaiki taraf hidup mereka, banyak yang keluar
    kerja dan butuh bantuan keuangan untuk memulai bisnis, banyak dari segi finansial
    bantuan perlu membersihkan rekening dan hutang mereka. Ini adalah keputusan yang bijak
    untukmu sekarang Penawaran pinjaman kami dijamin berarti tidak ada jaminan di
    pertanyaan. Sebagai pemohon pinjaman Anda meminta pinjaman dengan rinciannya
    kontak saya di bawah Nama: John E-mail (mrjohnrobertloanfirm@gmail.com) whatsapp +2349051288172

    BalasHapus
  5. Di dalam Islam Allah mengajarkan kepada kita bagaimana memberi yang terbaik terutama ketika tetangga Anda dalam kebutuhan keuangan, karena kami dan seluruh staf RAMADHAN ISLAMIYAT LOAN FIRM sampai pada kesimpulan bahwa kami harus menyediakan bantuan keuangan bagi mereka yang berada di keuangan kebutuhan seperti mereka yang membutuhkan dana untuk ekspansi bisnis mereka yang membutuhkan uang untuk proyek yang sangat tinggi didirikan dan kami memberikan pinjaman kepada semua saudara muslim dan saudari kita dan juga untuk non muslim seperti Mashallah {ما شاء الله}

    Mata uang kami berkisar dari {$, IDR, RM, €, £} ke mata uang lainnya dan semuanya sesuai dengan peraturan Dana Moneter Internasional {IMF} untuk transfer uang sehingga cukup untuk mengatakan bahwa kami sepenuhnya berlisensi untuk mengoperasikan dan bertransaksi bisnis dalam mata uang apa pun di dunia, silakan hubungi kami {ramadhanislamiyatloans@gmail.com}
       Apakah Anda berutang harap menghentikan kepanikan proses kami di sini sangat cepat dan cepat karena Anda dapat membayar semua hutang terutang Anda dalam waktu 48 jam setelah melamar
    RAMADHAN adalah semua tentang kekudusan sehingga kita tidak menipu atau menipu semua yang perlu Anda lakukan hanya bagi Anda untuk memiliki penghasilan stabil juga harus ada sarana di mana Anda dapat mengidentifikasi diri Anda {KTP} dan kemudian Anda harus memiliki Bank akun di mana Anda ingin kami menyimpan email uang ::::: {ramadhanislamiyatloans@gmail.com}

        Proses di sini tidak rumit, melainkan sangat cepat dan fleksibel

    Wa 'alaykum al-salaam {وعليكم السلام}

    BalasHapus
  6. Nama saya RONI DILLA, saya ingin menggunakan medium ini untuk memberi nasihat kepada setiap orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet kerana pemberi pinjaman internet begitu banyak di sini adalah semua penipu dan mereka hanya berkongsi cerita untuk menipu wang anda, saya memohon pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan sejumlah Rp15.000.000 tanpa mendapat pinjaman,

    Pada tarikh ini pada 27 Februari, 2018, rakan saya Suri Yono di tempat kerja memberitahu saya bagaimana dia memohon pinjaman dari CAPITAL LOAN CENTER dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah mempercayainya sehingga saya pergi bersamanya ke bank untuk mengesahkannya dan saya kagum kerana saya telah kehilangan banyak wang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga ALLAH memberkati puan yang baik untuk apa yang dia lakukan kepada saya dan keluarga saya, saya memberitahu kawan saya untuk memperkenalkan saya kepada ibu yang baik. Tomasa Justin, CAPITAL LOAN CENTER, dia dan saya memohon pinjaman sebesar Rp500,000,000.

    Saya mematuhi terma dan syarat pinjaman syarikat dan permohonan pinjaman saya diluluskan untuk saya tanpa tekanan dan kesukaran.

     Akhirnya, saya menerima pinjaman dalam akaun bank saya dan saya memanggil kawan saya Suri Yono bahawa saya telah menerima pinjaman itu dan saya juga telah memperkenalkan begitu ramai orang kepada Ibu Puan MARIA PEDRO yang Baik.

    Saya mahu anda yang membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika anda memerlukan pinjaman supaya anda juga akan memberi keterangan mengenai muhibah ibu yang baik.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memaklumkan setiap orang Indonesia dan orang lain yang sesuai untuk membaca kesaksian saya dan dia memerlukan pinjaman untuk dihubungi
    Puan MARIA PEDRO melalui EMAIL: [mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com]
    Yono melalui dia EMAIL: YONOSURI702@GMAIL.COM
    Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut melalui EMAIL: ronidilla5@gmail.com
    Anda juga boleh menghubungi rakan saya Suri
    sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita hidup dan kemakmuran

    BalasHapus
  7. Salam dari 24 JAMINAN!

    24HOURSFINANCE adalah perusahaan pinjaman yang datang untuk tinggal dan memenuhi impian mereka yang mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan.
    Apakah Anda mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan? Sudahkah Anda menghubungi pemberi pinjaman palsu sebelumnya? Pencarian Anda berakhir karena di sini di 24HOURSFINANCE, perjuangan keuangan Anda telah berakhir dan perusahaan kami ada di sini dan berkomitmen dalam membangun pengusaha dan pengusaha yang hebat dengan ide bisnis tetapi tidak ada modal untuk memulai.
    Staf perusahaan kami berkomitmen dan siap untuk hadir untuk Anda dan juga menyarankan Anda jika Anda membutuhkan bisnis terbaik untuk diinvestasikan dan bagaimana cara melakukannya.

    CATATAN PADA BAGAIMANA CARA MENGETAHUI PENGGUNA PINJAMAN KREDIT:
    1: Mereka tidak memiliki situs web
    2: Mereka tidak terdaftar dan untuk itu, mereka tidak dapat memiliki situs web.
    3: Mereka tidak memiliki dokumen hukum yang diterima secara sah di pengadilan.
    Ini untuk memperingatkan semua orang yang mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan untuk berhati-hati sehingga dia tidak akan menjadi korban dari pemberi pinjaman palsu yang menyebut diri mereka sebagai perusahaan pinjaman.

    Jadi, jika Anda membutuhkan perusahaan pinjaman yang dapat Anda percayai untuk meminjamkan Anda, Anda dapat menghubungi kami melalui: loan@24hoursfinance.org atau info@24hourfinance.org
    Anda juga dapat menghubungi: sarahward502@gmail.com
    Hubungi kami hari ini dengan saluran layanan pelanggan kami: +1 (929) 251-1654
    Anda dapat mengunjungi situs web kami: www.24hoursfinance.org

    Anda akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang perusahaan kami dari situs web kami dan Anda dapat memilih dari kategori pinjaman yang kami tawarkan. Selamatkan diri Anda dari tangan pemberi pinjaman palsu dan mengajukan pinjaman dari kami hari ini dan biarkan impian bisnis itu menjadi kenyataan.
    Kami berharap dapat menangani bisnis dengan Anda.

    BalasHapus
  8. We Offers Financial Consulting To Client, Companies Seeking Debt / Loan Financing And Seeking For Working Capital To Start A New Business Or To Expand Existing Business. Interested Parties Should Contact Us For More Information Through Via E-mail: SuiteCapitals@gmail.com ( SuiteCapitals@post.com )

    We Have Loan Programs Tailored For Any Profile And You've Come To The Right Place To Satisfy Your Business Needs. If Your Company Or You Know Of Any Company With Viable Projects / Proposals That Needs Financing, Kindly Write Us With The Loan Requirement. Please, Contact Us For More Information: SuiteCapitals@gmail.com ( SuiteCapitals@post.com )

    You Will Hear From Us. Well Nice To Meet You And I look forward to our Business Acquaintance. Interested Parties Should Contact Us For More Information Through Via E-mail: SuiteCapitals@gmail.com ( SuiteCapitals@post.com )

    Do You Need A Loan To Consolidate Your Debt At 1.0%? Or A Personal Loans * Business Loans etc. Interested Parties Should Contact Us For More Information Through Via E-mail: SuiteCapitals@gmail.com ( SuiteCapitals@post.com )

    We Offers Financial Consulting To Client, Companies Seeking Debt / Loan Financing And Seeking For Working Capital To Start A New Business Or To Expand Existing Business. Interested Parties Should Contact Us For More Information Through Via E-mail: SuiteCapitals@gmail.com ( SuiteCapitals@post.com )

    Kindly write us back with the loan information;
    - Complete Name:
    - Loan amount needed:
    - Loan Duration:
    - Purpose of loan:
    - City / Country:
    - Telephone:
    - How Did You Hear About Us:

    Do You Need A Loan To Consolidate Your Debt At 1.0%? Or A Personal Loans * Business Loans etc. Interested Parties Should Contact Us For More Information Through Via E-mail: SuiteCapitals@gmail.com ( SuiteCapitals@post.com )

    We Offers Financial Consulting To Client, Companies Seeking Debt / Loan Financing And Seeking For Working Capital To Start A New Business Or To Expand Existing Business. Interested Parties Should Contact Us For More Information Through Via E-mail: SuiteCapitals@gmail.com ( SuiteCapitals@post.com )

    BalasHapus

 
Top