poto

0


Tarim - Kamis, (30/03) Asosiasi mahasiswa Indonesia (AMI) Al Ahgaff bekerjasama dengan PPI Hadhramaut dan berbagai organisasi lain selanggarakan haul ke-21 tahun wafatnya salah satu perintis sekaligus rektor pertama Universitas Al Ahgaff, Hadhramaut Yaman di Auditorium Al Ahgaff.
Beliau adalah As Sayyid Al Faqih Al 'Allamah Abdullah bin Mahfudz Al Haddad. Meninggal pada hari Jum’at, 12 J. Akhir 1417 H dan dimakamkan di kota Mukalla.
Semasa hidupnya, beliau adalah seorang hakim wilayah kota Mukalla selama kurang lebih 10 tahun atas arahan Al 'Allamah Muhsin Bunumay di tahun 1366 H. Lepas itu, beliau mendapatkan panggilan dari Al Qidal Basya, Sekretaris Jenderal negera al-Qa'ithiyyah, dan meminta beliau untuk melanjutkan pendidikannya di negeri Sudan. Akhirnya beliau pergi ke Sudan dan belajar di Universitas Al Khurthum, Fak. Al Huquq, jurusan Syariah hingga lulus pada tahun 1959 M.
Sepulang dari Sudan, beliau menjadi pimpinan mahkamah istiknaf di kota Mukalla, dan kemudian menjadi pimpinan hakim pada tahun 1965 M setelah turunnya Syekh Abdullah Bukayyir (W 1399 H). Pada tahun 1969 M, setelah pergolakan hukum kesultanan, beliau memimpin Komisi Pembentukan dan Persiapan Undang-Undang Al Ahwal Syakhsiyyah. Kala itu juga beliau melawan pergolakan-pergolakan yang mengarah kepada hukum konstitusi dan penghapusan syariat Islam. Hingga akhirnya beliau memutuskan untuk turun dari jabatannya sebagai hakim.
Di tahun 1975 M beliau menjadi khatib dan guru di masjid Sultan Umar, Mukalla dan menjadi dosen pada Fakultas Tarbiyah, Universitas Aden di tahun 1976 M sebelum akhirnya mendirikan Universitas Al Ahgaff di tahun 1995 M.
Haul ini dimulai dengan acara khataman Al Quran yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Fak. Syariah dan Hukum dan dilanjutkan dengan shalat zuhur berjamaah. Selepas shalat, hadirin disuguhi lantunan kasidah yang dibawakan oleh Muhammad Umar Ba’abad dan Hanif Al Athas. Haul juga diisi dengan cuplikan video dokumenter mengenai beliau. Mulai dari biografinya, sifat, hingga luasnya wawasan keilmuan beliau utamanya di bidang Fikih dan Hadits.
Abdul Razak, pelajar Somalia dalam sambutannya memberikan dorongan semangat bagi hadirin untuk mencontoh beliau dari segala aspek kehidupan. Pun demikian, ia meminta kepada rekan-rekan untuk bersungguh-sungguh dalam merealisasikan cita-cita Al Habib Abdullah bin Mahfudz Al Haddad.
Senada dengannya, ustadz Abdullah Awadh bin Smith, Dekan Fak. Syariah dan Hukum juga menekankan hal yang sama pada hadirin sembari menambahinya dengan perlunya banyak-banyak melakukan riset, muthalaah, dan membaca buku agar mampu mengimbangi permasalahan yang semakin kompleks seiring perkembangan zaman.
Acara lalu ditutup dengan doa oleh Syeikh Muhammad bin Ali Al Khatib dan dilanjutkan dengan ramah tamah. (Munandar/Red)

Posting Komentar Blogger

 
Top