poto

0




Keberadaan Istana Qasr/Castle Kerajaan di pusat Kota Seiyun, sebagai bukti yang tak terbantahkan bahwa kota ini pernah menjadi pusat pemerintahan di zaman dahulu. Dan bahkan, jika berbincang Seiyun sebagai pusat pemerintahan, sejarah Qasr tentunya tidak boleh terlewatkan.

Istana tanah yang memiliki tinggi 34 meter dan luas 5460 meter persegi tersebut, selain dikenal dengan sebutan Istana al-Katiri, nama dinasti yang berkuasa paling lama ini juga dikenal dengan nama Qasr al-Dawil yang berarti istana kuno; Qasr al-Tsawrah yang berarti Istana Revolusi. Dengan bersamaan runtuhnya kolonialisme Inggris sekitar era tahun 60-an, berakhir pula kekuasaan Dinasti al-Katiri.

Pada tahun 1984, istana ini dialih fungsikan menjadi sebuah museum, yakni museum penyimpanan benda-benda purbakala. Selain itu juga menjadi pusat kebudayaan masyarakat Seiyun, yang juga merupakan babakan sejarah panjang dinasti al-Katiri yang telah terekam dalam buku Tarikh al-Dawlah al-Katiriyyah, atas karya Muhammad ibn Hisyam.

Saat memasuki setiap ruangan yang ada di dalam Istana setinggi tujuh lantai ini, para rombongan serasa sedang memasuki dunia lain. Misalnya saja saat berada di lantai dua, para pengunjung dapat menikmati berbagai macam peninggalan yang antik dari peradaban Seiyun sebelum Masehi, seperti mata uang kuno, alat pencaharian serta bebatuan ukir yang antik dan unik dengan usia ribuan tahun. Konon katanya benda-benda tersebut memiliki fungsi istimewa dalam dinamika keseharian masyarakat saat dulu kala.

Di lantai tiga, terdapat alat-alat pertanian yang dipajang, alat untuk bercocok tanam dan peralatan untuk berperang. Kemudian lantai empat dijadikan sebagai museum foto yang merekam dokumentasi masyarakat Seiyun selama puluhan tahun. Begitu pun dengan lantai-lantai lainnya yang juga memiliki kekhususan tersendiri.

Sedangkan bagi para pengunjung yang datang ke Kota Seiyun yang terburu-buru dan tidak memiliki waktu banyak, tidak perlu merasa khawatir. Sebab saat ini telah disediakan bioskop mini di dalam Istana yang dapat memutar film singkat tentang peradaban Negeri Yaman secara umum dan Seiyun secara khusus. (Jihadul Muluk)

Posting Komentar Blogger

 
Top