poto

0

Bedah skripsi

أثر قاعدة تصرف الإمام على الرعية منوط بالمصلحة

Hari : Jumat

Tanggal : 20 juli 2018

Tempat : Mushola atas sakan Dakhilie

Pembicara : Ricky Faishol B.Sc


Beberapa Poin acara bedah Skripsi :


Undang-undang pancasila berdasarkan analisis Al-Quran.

1.      الإله الواحد  diambil dari وإلهكم إله واحد

2.      Kemanusiaan yang adil dan beradab. Konsep ini berasal dari ayat: إن الله يأمر بالعدل والإحسان  dan juga sudah diterapkan oleh Rasulullah SAW. di dalam banyak hadisnya, seperti undang-undang IT. yang tidak memperkenankan mencemarkan nama baik. ولا تجسسوا ولا تنابزوا  أي ولا تبحثوا عن عورات المسلمين (syekh Wahbah.)

Syarat imam yang ke delapan yakni:  أن يكون قريشا (harus dari golongan Quraisy) ini hanya berlaku pada masa Sayyidina Abu Bakar dan Umar. Kata sebagian ulama.

Apakah pemerintahan Indonesia sudah sesuai dengan katagori persayaratan pemimpin dalam pengamatan Syariah?

Bukan من حيث الشروط tidak ada yang bisa memenuhi syarat tujuh tersebut dari sisi kinerja. Sebagaimana yang disebutakan oleh al-Imam Mawardi. Diperkuat oleh Syekh Wahbah Az-Zuhaili. Yaitu Menjaga keamanan dan peraturan umum yang ada di negara tersebut.

Ada tiga undang-undang yang masuk pada sisi kinerja tersebut. Kita membela negara dan pimpinan negara menjadi pengawas langsung para mentri-mentrinya, begitupula keadilan umum. الإدارة العامة وتعيين الموظفين  

Seorang pemimpin berhak mendapatkan dua hak dari masyarakat: pertama hak ketaatan dari masarakat. Presiden memegang perundang-undangan selain yang berhubungan dengan kemaksiatan, yang memberi manfaat kepada mayoritas muslimin.

Dua : hak bantuan/pertolongan dari masarakat. Syekh Wahbah az-Zuhaili menyampaikan Ada pertolongan dengan ucapan dan nasehat sebagaimana hadis : الدين النصيحة قلنا لمن؟ قال : لله ولرسوله ولأئمة المسلمين

Apakah hak menolong itu bisa dikategorikan dengan demo, sebagai aspirasi masarakat?

Ulama kontemporer ada dua pendapat meenegenai masalah ini, ada yang mengharamkan dan yang memerbolehkan, yang mengharamkan adalah ulama Saudi berdasarkan: من تشبه بقوم فهو منهم  dan من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد
Yang memporbelehkan adalah Yusuf Qardhawi, tapi mengharuskan beberapa syarat:
Ada 4 syarat. Yang beliau sampaikan.

Amar makruf nahi munkar bisa melalui politik. Seorang imam bisa mengimplementasikan hal itu dengan menghilangkan kebodohan dan mendirikan sekolah-sekola dan melakukan Penyempurnaan.

Kafir Harbi indo ada 4:

Harbi, Dzimmah at-Ta’min Imam, Murtad dan Musyrik.

Dhobithnya harbi bila mayoritas kuffar menguasai mayoritas suatu daerah.
Apakah Indonesia masuk Negara Islam?

Iya, sebagaiman pernyataan Habib Abdurrahman al-Masyhur di kitabnya Bughyah Mustarsyidin, melihat Indonesia ditaklukkan oleh orang-orang islam, begitupula Imam As-Subki dalam Fatawanya dan Syekh Ismail Zain dalam fatawanya bahwa suatu daerah yang mayoritas penduduknya adalah umat islam termasuk darul Islam.

Untuk saat ini Non Muslimnya masuk dalam Dzimmah at-Ta’min Imam, karena tidak ada yang membayar jizyah.

Bagaimana maksud dari nushrah?

Diterangkan  di al-Wajiz fi Fiqih Khilafah. Nushroh di sini adalah nasehat dan bisa diimplementasikan dengan melalui MUI dan orang-orang yang memiliki otoritas di pemerintahan. kita mengadakan konsulidasi bersama mereka. Lalu mediasi, tapi tidak dengan kekerasan.
Yang kedua menolong imam, membela negara dan melaksanakan program kerja yang dirancang oleh pemrintah. 

Adakah solusi yang menengahi/selain demo?

Penyebab demo ada karena motif ketidakpuasan apa yang dilakukan oleh pemerintah. Kita harus menempuh mediasi duduk bersama terlebih dahulu. Munculnya demo karna mediasi yang tidak membuahkan hasil

Bagaimana posisi ulama untuk Tahkik Murodillah?

Jangan sekali-kali penguasa berada di atas ulama, tapi ulama di atas umara’
Thatbiq syariah Islamiyah itu bagaimana?

Bagaimana menaggulangi islamophobia, seakan2 menjadi penghalang terbesar untuk tahtbiq dan taqnin syariah islamiyah.?

Kita harus terus menyebarkan syariat islam dengan seminar-seminar  dan artikel-artikel internet. Menanggulangi liberalism dan pluralism.

 Menempatkan sdm yang memahami syariat islam dengan benar kita tempatkan di pemerintahan, dan mendukung perda islam yag ada di Indonesia. Di dalam bukunya strategi penerapan syariat islma di Indonesia  Dr. Jj Zainuddin mengatakan kalau  80% syariat islam sudah diterapkan di Indonesia meskipun tidak persis seperti di dalam fiqih tapi secara substansial sama. Ini menunjukkan kalau sebetulnya kita bisa menerapkan undang-undang syariah islam di Indonesia. Menerapkan syariah islam bukan berarti menrjang pancasila.

Maksud dari أفضل جهاد كلمة حق عند سلطان جائر apakah mediasi itu secara mutlak tidak diterima?
Dalil yang kita pakai adalah:

ولتكن منكم  dan كنتم خير أمة أخرجت للناس tidak menggunakan dalil yang di atas. Karena tidak nyata terlihat sisi kefasikan imam.






Posting Komentar Blogger

 
Top