>>> Situs sedang dalam perbaikan >>>

Profil Universitas Al-Ahgaff, Yaman


UNIVERSITAS AL-AHGAFF

A. Pendahuluan
  Universitas Al-Ahgaff didirikan oleh Al-Habib Mahfudz bin Abdullah Al-Haddad. Resmi berdiri serta mulai membuka proses pendidikannya setelah mendapatkan izin resmi dari pemerintah Republik Yaman melalui ketetapan Mentri Pendidikan Yaman Nomor : 5 Tahun 1994. Dan telah terdaftar sebagai anggota Persatuan Universitas Arab (Ittihad Al-Jamiat Al-Arabiyyah).

B. Tujuan Pendirian
   Berawal dari sebuah keinginan untuk bisa menyediakan sarana pendidikan yang bonafid dan berkualitas pada masyarakat muslim dunia, pendidikan yang mampu mencetak kader insan yang mumpuni dalam segala aspek kehidupan dan menanamkan ruh islami serta aqidah yang benar dalam pribadi pelajarannya.

C. Letak Geografis
   Universitas Al-Ahgaff berpusat di kota Al-Mukalla ibukota propinsi Hadhramaut Republik Yaman. Segenap yang komponen yang dimiliki Al-Ahgaff, seperti fakultas-fakultas, language center atau sekolah persiapan bagi mahasiswa baru, dan gedung rektorat sebagai pengendali utama kebijakan – kebijakannya semua berada dikota yang berada disemenanjung arab ini. Hanya Fakultas Syariah dan Hukum saja yang berada dikota Tarim Al-Ghanna. Hal ini sengaja dilakukan guna terwujudnya pendidikan syariah yang tidak berpusat dibangku kuliah belaka, tetapi perlu adanya kombinasi metode pendidikan melalui bi’ah (lingkungan). Mengingat kota Tarim terkenal sebagai kota ilmu dan ulama’. Kota Tarim sendiri terletak sekitar kurang lebih 300 KM dari ibukota propinsi, sedangkan untuk putri jurusan Dirosah Islamiyyah tetap mengikuti induknya di kota Al-Mukalla.
  Diantara alasan ditempatkannya fakultas Syariah dan Hukum terpisah dari induknya adalah factor kultur social kemasyarakatan kota ini yang sangat mendukung untuk dijadikan sebagai tempat bertafaqquh fiddin. Juga karena factor sejarah yang telah mendorong ditempatkannya fakultas ini di kota Tarim. Sebab sebagaimana yang telah diketahui bahwa dari sinilah islam dibeberapa belahan dunia (seperti Asia dan Afrika) bisa menyebar dan berkembang dengan pesat berkat kegigihan dan keikhlasan para tokohnya dalam berdakwah menyebarkan islam.


D. Metode Pengajaran
  Metode pengajaran yang ditetapkan Universitas Al-Ahgaff selama ini adalah istem semester. Jenjang pendidikan yang berdiri dari sepuluh semester dan bisa ditempuh minimal selama 5 tahun dan maksimal selama 7 tahun (untuk Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Sastra, dan Fakultas Kajian Islam) dan 8 tahun (untuk Fakultas Tehnik, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu dan Teknologi). Dan perlu diketahui bahwa Universitas yang berlambangkan masjid Al-Muhdhor initelah membuka program pasca sarjana dijurusan syariat dan sastra bahasa arab. Tetapi untuk mahasiswa Indonesia hanya diarahkan kepada :
  1. Fakultas Syariah dan Hukum (Putra)
  2. Fakultas Dirosah Islamiyyah (Putri)
  Untuk menghindari kemalasan mahasiswa dalam belajar dalam rangka menjaga mutu dan kualitas ilmu para alumnusnya maka Universitas Al-Ahgaff menerapakan absensi pada setiap mata kuliah. Ketidak hadiran mahasiswa akan mempengaruhi kelulusan mata kuliah tersebut. Dalam prosentasi absen, mahasiswa yang tidak hadir melebihi batas 10% dari jam materi akan dianggap gagal dalam mata kuliah tersebut. Mungkin inilah salah satu ciri khas tersendiri bagi Uninersitas Al-Ahgaff yang sama sekali tidak memperbolehkan mahasiswanya ber-intisab (hanya hadir dalam waktu ujian saja). Dan selain itu, yang membedakan universitas ini dengan universitas-universitas yang ada dibelahan dunia adalah system penilaian dan tingkat kenaikan tingkat menurut hasil tiap mata kuliah disetiap semester dari hasil penggabungan nilai ujian akhir dan dua kali nilai ujian penyaringan (ujiansyahr awal dan syahr tsani).
E. Waktu Kuliah
  Waktu kuliahnya adalah setiap hari selain Jum’at, dimulai jam 08.00 pagi – 13.00 siang dari paket kuliah yang sudah ditentukan oleh pihak kuliah. Dan terkadang jadwal kuliah dilakukan pada sore hari dan malam hari menurut jadwal yang ditentukan
F. Bahasa Pengantar Kuliah
  Bahasa pengantar yang digunakan pada setiap mata kuliah adalah bahas arab. Dan ini bkanlah satu-satunya bahasa yang boleh digunakan di universitas ini, sebab majelis universitas sebagai dewan tertinggi di Al-Ahgaff mempunyai kewenangan untuk menerapkan selain bahasa arab pada sebagian mata kuliah selain ilmu agama.


Profil Fakultas Syariah dan Hukum
  Fakultas Syariah dan Hukum adalah salah satu fakultas yang ada di Universitas Al-Ahgaff yang ditempatkan disebuah kota ulama’ dan ilmu, Tarim Al-Ghanna. Terus berorientasi memelihara dan menggabungkan tradisi salafdan khalaf.

1. Mata Kuliah Fakultas Syariah dan Hukum
Secara umum mata kuliah fakultas ini didominasi oleh pelajaran-pelajaran agama, walaupun disini dikaji pula tentang ilmu hokum (hokum-hukum yang berlaku dan diterapkan di Yaman). Prosentasi antara kajian syariah dan kajian hokum di Fakultas ini mungkin sekitar 70% syariah dan 30% hukum. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan computer.
Diantara disiplin ilmu syariah yang dikaji disini adalah : Fiqih Madzhabi, Fiqih Perbandingan, Ushul Fiqih, Tarikh Tasyri’, Ahwal Syahsiyah, Ulumul Qur’an, Maqashid As-Asyr’iyyah, Ayatul Ahkam, Haditsul Ahkam. Nahwu, Lughot Arabiyyah, Mantiq, Balaghah, dan lain sebagainya.
Kemudian diantara fan hukum yang dikaji difakultas ini adalah: Madkhal Qanun, Qanun Madany, Qanun Uqubat, Qanun Iltizamat, Qanun Dustury, Qanun Dauly, Qanun Murafaat, dan lain sebagainya.
Selain itu, di Fakultas ini juga dikaji beberapa disiplin ilmu yang erat hubungannya dengan dua disiplin ilmu tadi, diantaranya adalah: Iqtishod Islami (Ekonomi Islam), Al-Uqud Al-Musammah, Al-Maliyyah Al-Ammah yang mengupas tentang ekonomi dan keuangan menurut kaca mata islam dan ushul bahts yang membahas tentang tata cara menulis karya tulis ilmiah, sebagai bekal para mahasiswanya untuk dapat menulis dengan baik serta berbobot.

Dan juga Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Al-Ahgaff bukan hanya sebatas mengkaji dan memahami seluk beluk agama dan ilmu-ilmu yang terkait dengan syariah dan hukum. Akan tetapilebih dari itu, sebab factor amaliyyah di fakultas ini juga ditekankan dan diperhatikan oleh para pemngkunya. Melihat kondisi kota Tarim, dimana fakultas ini berada yang masih murni dan belum terpolusi oleh kebudayaan non islam. Sehingga yang dirasakan mahasiswa selama ini adalah ketenangan jasmani dan rohani yang benar-benar tak pernah ditemukan di universitas – universitas lain.

Kemudian seiring dengan perkembangannya. Fakultas Syariah dan Hukum terbagi menjadi dua takhasus(jurusan) yaitu, takhasus syariah dan takhasus syariah wal qanun (syariah dan hukum).
Adapun silabus kuliah yang dikaji dari awal semester sampai akhir adalah:

  • Takhassus Syariah

§         Mustawa Awal (Semester 1 dan 2)
No
Silabus
Nama Kitab
1
Ru’usul Masail
Yaqutun Nafis
2
Nahwu
Mutammimah
3
Aqidah
Durus At-Tauhid
4
Mantiq
Idhahul Mubham
5
Lughat Arabiyyah
Imla’ wa Tarqim
6
Hukum
Madkhal Qanun
7
Hasub (Komputer)
-
8
Tarikh Tasyri’
Karya DR. Ali Taha Rayyan
9
Fiqih Ibadat (1)
Minhajut Thalibin
10
Ushul Fiqh
Waroqot
11
Nahwu
Syarh Ibnu Aqil
12
Ulumul Qur’an
Mabahits Fi Ulumil Qur’an
13
Musthalah Hadits
At-Taqrib Lin Nawawi
14
Takhrij
Takhrijul Hadits Wa Dirasatul Asanid
15
Faroidh
Takmilah Az-Zubdah

§         Mustawa Tsani (Semester 3 dan 4)
No
Silabus
Nama Kitab
1
Fiqih Ibadat  (2)
Minhajut Thalibin
2
Fiqih Muamalat
Minhajut Thalibin
3
Ushul Fiqh
Ghoyatul Wushul
4
Nahwu
Syarh Ibnu Aqil
5
Fiqih Sirah
Karangan DR. Ramadhan Al-Buthy
6
Hadits Ahkam (1&2)
Karangan Dosen
7
Ayat Ahkam
Tafsir Fi Ayatil Ahkam
8
Maktabah
Maktabah Wa Manhijul Bahts
9
Fiqih Muqoron (1)
Karangan DR. Izzuddin


§         Mustawa Tsalist (Semester 5 dan 6)
No
Silabus
Nama Kitab
1
Fiqih
Minhajut Thalibin
2
Usul Fiqih
Ghoyatul Wushul
3
Nahwu
Syarh Ibnu Aqil
4
Fiqih Muqaaran
Karangan Dosen
5
Firaq Watayarat fiqriyah mu'asirah
Karangan Dosen
6
Ayat ahkam
Tafsir Fi ayatil Ahkam
7
Qawa'id Fiqhiyah
-
8
Balagah
Karangan Dosen

§         Mustawa Rabi’ (Semester 7&8)
No
Silabus
1
Al-Qur’an Al-Karim
2
Fiqih (Minhajut Thalibin)
3
Ushul Fiqh (Ghoyatul wushul)
4
Sharaf (Syarh Ibnu Aqil)
5
Balaghah
6
Dirosah Ushuliyyah
7
Dirasah Fiqhiyyah Madzhabiyyah
8
Dirasah Lughowiyyah
9
Maqasid Syar’iyyah
§         Mustawa Khomis (Semester 9&10)
No
Silabus
1
Fiqih Nawazil
2
Dirasah Ushuliyyah
3
Dirasah Lughowiyyah
4
Dirasah Fiqhiyyah Muqoronah
5
Ahwal syakhsiyyah
6
Iqtishad Wal Masharif Islamiyyah
7
Nadhoriyat Fiqhiyyah
8
Bahts takhorruj (Skripsi)
  • Takhassus Syariah dan Hukum
§         Mustawa Awal (Semester 1 dan 2)
No
Silabus
Nama Kitab
1
Ru’usul Masail
Yaqutun Nafis
2
Nahwu
Mutammimah
3
Aqidah
Durus At-Tauhid
4
Mantiq
Idhahul Mubham
5
Lughat Arabiyyah
Imla’ wa Tarqim
6
Hukum
Madkhal Qanun
7
Hasub (Komputer)
-
8
Tarikh Tasyri’
Karya DR. Ali Taha Rayyan
9
Fiqih Ibadat (1)
Minhajut Thalibin
10
Ushul Fiqh
Waroqot
11
Nahwu
Syarh Ibnu Aqil
12
Ulumul Qur’an
Mabahits Fi Ulumil Qur’an
13
Musthalah Hadits
At-Taqrib Lin Nawawi
14
Takhrij
Takhrijul Hadits Wa Dirasatul Asanid
15
Faroidh
Takmilah Az-Zubdah

§         Mustawa Tsani (Semester 3 dan 4)
No
Silabus
1
Fiqih Ibadat  (2) - Minhajut Thalibin
2
Fiqih Muamalat - Minhajut Thalibin
3
Ushul Fiqh - Ghoyatul Wushul
4
Nahwu - Syarh Ibnu Aqil
5
Fiqih Sirah - DR. Ramadhan Al-Buthy
6
Hadits Ahkam (1)
7
Ayat Ahkam
8
Maktabah Wa Manhijul Bahts
9
Akwal Syakhsiyyah
10
Ilmu Ijram Wal Iqab
11
Qanun Uqubat
12
Tarikh Qanun (Sejarah Hukum)
13
Mustholahat Qonuniyyah
14
Bahasa Inggris

§         Mustawa Tsalist (Semester 5 dan 6)
No
Silabus
1
Fiqih (Minhajut Thalibin)
2
Usul Fiqih (Ghoyatul Wushul)
3
Nahwu (Syarh Ibnu Aqil)
4
Fiqih Muqaaran (Karangan DR. Izzuddin)
5
Firaq Watayarat Fiqriyah Mu’asirah
6
Ayat ahkam (Tafsir Fi ayatil Ahkam)
7
Qawa’id Fiqhiyah
8
Balagah
9
Qanun Dusturi (Hukum Konstitusi)
10
Qanun Murafaat (Hukum Acara)
11
Qanun Madani (Hukum Sipil)
12
Qanun Tanfiz Jabari (Hukum)
13
Qanun Idari (Hukum Pemerintahan)

§         Mustawa Rabi’ (Semester 7&8)
No
Silabus
1
Al-Qur’an Al-Karim
2
Fiqih (Minhajut Thalibin)
3
Ushul Fiqh (Ghoyatul wushul)
4
Sharaf (Syarh Ibnu Aqil)
5
Balaghah
6
Fiqih Muqaran
7
Qanun Tijari (Hukum Perdagangan)
8
Qanun Tijari Mahaliyyah
9
Ijaraat Jazaiyah
10
Idaroh ‘Aammah (Administrasi Umum)
11
Qanun Madani (Hukum Sipil)

§         Mustawa Khomis (Semester 9&10)
No
Silabus
1
Fiqih Nawazil (Fiqih Kontemporer)
2
Nadhariyyah Fiqhiyyah
3
Maaliyyah ‘Ammah Wa Tasyri’ Tadribi
4
Qadha Idari (Hukum Pemerintahan)
5
Qanun Madani (Hukum Sipil)
6
Qanun Dauli ‘Aam ( Hukum Internasional Umum)
7
Qanun Tijari Wal-Bahri (Hukum Perdagangan dan Kelautan)
8
Firaq Watayarat Fiqriyah Mu’asirah
9
Iqtishad Wal Masharif Islamiyyah
10
Qadha Wal Itsbat Syar’i
11
Qanun ‘Amal ()
12
Manzumat Dauliyyah
13
Qanun Dauly Khos (Hukum Internasional Khusus)

2. Para Dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum
  Diantara para dosen pengajar dan masyayikh yang masih aktif mencurahkan darma baktinya di Fakultas Syari’ah wal Qanun Universitas Al-Ahgaff adalah:
  1. DR. Muhammad Abdul Qadier Al-Aydrus
  2. Syekh Muhammad Bin Bashri As-Segaf.
  3. DR. Amjad Rosyid Al-Maqdisi
  4. Syekh Muhammad Ali Ba'udhan.
  5. Syekh Muhammad Ali Al-Khotib.
  6. DR. Abdullah Bin Syihab.
  7. DR. Alawy Bin Syihab.
  8. DR. Izzuddin As Sudani.
  9. Sayyid Abdullah Abu Bakar Al Aydrus.
  10. Sayyid Abdullah Awad Bin Smith.
  11. Sayyid DR. Abdurrahman As Segaf, MA
  12. Sayyid Abdullah Abdul Qadir Al-Aydrus, MA
  13. Sayyid Alwi Abdul Qadir Al-Aydrus, MA
  14. Sayyid Abdurrahman Thoha Al-Habsy, MA
  15. Sayyid Musthafa Bin Smith, MA
  16. Sayyid Segaff Al Idrus MA.
  17. Sayyid Ahmad Bin Salim Bin Aqil
  18. Muhammad Ismail As-Syuri, MA
  19. Sayyid DR. Hasan Ahmad bin Smith
Dan masih banyak lagi cendikiawan Islam lainnya yang yang berasal dari penjuru jazirah Arab seperti Irak, Syiria, Sudan, Yordania, maupun luar Arab seperti Kanada, Cina, India dan Indonesia.
3. Sarana dan Prasarana
  •   Asrama bagi para santri, setiap kamar dilengkapi dengan AC, kipas angin, lemari, dan ranjang.
  •   Lapangan Voly
  • Lapangan sepak bola
  • Maktabah (perpustakaan)
  •  Gedung kuliah berAC
  •  Auditorium
  •  Musholla
  •  Kantin
4.  Fakultas Putri Jurusan Dirasah Islamiah 
  Fakultas putri adalah salah satu fakultas di dalam Universitas Al-Ahgaff jurusan ilmu-ilmu keislaman (Dirasah Islamiah). Para mahasiswi dibekali berbagai ilmu keislaman yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga dapat menjadi wanita yang berwawasan keislaman yang kuat.
5. Mata Kuliah Fakultas Putri Jurusan Dirasah Islamiah : 

1
Fiqh
13
Sirah
2
Nahwu          
14
Balaghah
3
Tilawah dan Tajwid
15
Ayatul Ahkam
4
Tadbir Manzily
16
Ahaditsul Ahkam
5
Madkhal ila ‘ilmi nafs
17
Ushul fiqh
6
Ulumul Qur’an
18
Manahij Bahst
7
Tareh Tasyri’
19
Turuqu tadris
8
Usul Tarbiah
20
Suluk
9
Tafsir  
21
Komputer
10
Dirasah khasah
22
Skripsi
11
Manahij wa Asalib
23
Praktek lapangan      
12
Musthalahal Hadist


6.  Syarat-Syarat Penerimaan Mahasiswa Baru 

1.      Lulus SMU atau sederajat dengan nilai rata-rata 7,5 (Ijazah) atau 7,0 (NEM)
2.      Melunasi keuangan pendaftaran dan biaya kuliah sesuai yang telah ditentukan pihak Universitas
3.      Menitipkan uang tiket untuk pulang
4.      Mengisi formulir yang tersedia
5.      Menandatangani beberapa surat perjanjian
6.      Menyerahkan fotocofi ijazah yang telah dilegalisir dan diterjemahkan kedalam bahasa Arab serta mendapatkan rekomendasi dari kedutaan Yaman
7.      Menyerahkan surat tanda pengenal (paspor atau kartu pengenal)
8.      Menyerahkan pas foto berwarna yang terbaru berukuran 4x6 sebanyak 15 lembar   
9.      Surat keterangan Dokter bebas dari penyakit (hepatitis B dan aids)
10.  Lulus ujian dalam materi bahasa Arab dan fiqh
11.  bersedia masuk persiapan minimal 1 (satu) tahun
12.  Menyerahkan surat keterangan dari guru pembimbing (Sekolah)
13.  Surat izin dari orang tua
7.  Penutup
Setelah meninggalnya pimpinan badan wakaf Universitas Al-Ahgaff, Al-Habib Muhammad bin Ahmad Al-Syatiri, estafet kepemimpinan rektor kuliah kemudian berpindah ke Prof. Abdullah bin Muhammad Baharun, MA, dibantu dosen-dosen senior dan para masyayikh.
Para ulama’ dengan gigihnya mengembangkan dan mensejahterakan anak didiknya tanpa mengharapkan imbalan apapun.
Dimasa umurnya yang menginjak lima tahunan ini, Universitas Al-Ahgaff mulai mengembangkan sayapnya ke mancanegara. Kemajuan ini diiringi dengan bertambahnya jumlah mahasiswa yang menimba ilmu disini, baik dari dalam negeri atau luar negeri Yaman. Al-Ahgaff mungkin bisa berbangga diri, kerena Universitas swasta ini mampu menunjukan kredibilitas pendidikannya dengan keluarnya beberapa alumnus mahasiswa Indonesia yang membawa keberhasilan dakwah mereka ditanah air.
Ibarat menanam tunas akan menuai hasilnya, Al-Ahgaff kini boleh tersenyum atas jerih payahnya selama ini. Semoga Allah SWT membalas jasa baik mereka yang telah membangun dan mewujudkan Universitas Al-Ahgaff sebagai universitas yang hanya beroreantasi pada pendidikan.

Untuk syarat-syarat pendaftaran sebagai berikut :
1.Mengisi formulir pendaftaran
2.Fotokopi ijazah SMA/MA/sederajat dengan nilaiakumulasi rata-rata minimal 7.5 (ijazah tidak  lebih dari 3 tahun)
3.Pas foto berwarna ukuran 4x6 latar belakang putih
4.Surat pengantar dari pondok pesantren atau sekolah.

Berkas pendaftaran dapat dikirim melalui pos, jasa titipan kilat,e-mail,atau whatsapp(WA)
Cp: Ust. Abdul halim hafidz    Telp & WA : (+62)81357830987

Email : ahgaff_indonesia@yahoo.com

alamat pos : panitia Seleksi Univ. Al-Ahgaff Yaman
Jalan Jagasatru no.56/193 Cirebon, Jawa Barat
Al-Habib Hasan Husin Aljufri  (+628122212000)
Email : hasanaljufri@yahoo.com/hasanaljufri@maktoob.com